Selasa, 05 Desember 2017

Praktisi Humas Wajib Bisa Menulis dan Kelola Media Sosial

Related image

konsultan pr di indonesia - Humas saat ini harus akrab dengan beragam saluran komunikasi dan info. Media yang tengah " in " saat ini yaitu sosial media, terlebih Facebook, Twitter, dan Youtube. Sosial media sangat banyak, tapi tiga tersebut yang paling popular di Indonesia. (Saksikan data Alexa. com).

Orang-orang humas Amerika, The Public Relations Society of America (PRSA), dalam sebuah konferensi pada 12 Juni 2013 mengulas yaitu ketrampilan apa sajakah yang perlu dipunyai humas profesional masa saat ini dan masa depan.

Keluar sekurang-kurangnya 10 ketrampilan (skills) yang harus dipunyai humas profesional, seperti dikemukakan salah satu pembicara dalam konferensi itu, Arik Hanson, dan dimuat di websitenya “10 skill the PR Pro of 2022 MUTS have” (10 skill Humas pro 2022 yang perlu dipunyai).

Menurut Hanson, ketrampilan menulis (writing skill) untuk praktisi Humas semakin lebih penting sekali lagi di masa depan. Demikian juga ketrampilan hubungan media (media relations) yang semakin lebih diperlukan.

Tetapi kata Hanson, harus diingat, kekuatan menulis dan hubungan media “hanya” masuk dalam daftar “keahlian tradisionil” (traditional skills) seseorang praktisi humas. Humas masa depan harus memiliki ketrampilan lebih dari sebatas dapat menulis dan berkomunikasi dengan kelompok media.

Berikut ini 10 ketrampilan yang harus dipunyai praktisi humas profesional masa depan :

1- Advertising Copywriting 
Praktisi humas harus memiliki ketrampilan menulis naskah iklan, termasuk mengelola sosial media, newsletter elektronik (e-newsletters), iklan di Facebook, Google Adwords, dsb.

2- Video editing/production 
Praktisi humas harus memiliki ketrampilan menghasilkan dan mengedit video. Lembaga/perusahaan harus memiliki akun Youtube manfaat promosi on-line lewat video yang di produksi oleh bagian Humas.

3- Mobile 
Dalam satu tahun lebih ke depan, praktisi humas profesoonal dituntut dapat “bermain” didunia mobile manfaat menggerakkan kiat promosi dan publikasi. Saat ini user internet pemakai mobile selalu bertambah, terutama saat terhubung sosial media.

4-Social kontent creation/curation 
Praktisi humas pro masa depan harus memiliki kekuatan mengemas content sosial media. Mereka yaitu “penyampai cerita” (storytellers) yang perlu ahli dalam komunikasi interpersonal sebagai keunikan komunikasi sosial media.

5-Analytics 
Praktisi humas profesional harus memiliki kekuatan anlisis audiens/pasar/customer/umum, termasuk pemakaian Google Analityc situs lembaga/perusahaannya, juga analisa ciri-khas rekan, “likers”, dan anggota group Facebook.

6- SEO 
Masa digital menuntut setiap perusahaan, lembaga, dan organisasi memiliki situs situs (blog). Manfaat memperoleh pengunjung yang banyak dan popularitas situs, praktisi humas yang bertugas mengelola situs itu harus memiliki ketrampilan Search Engine Optimization (SEO Skills), terkecuali ketrampilan mengelola content yang unik, menarik, dan berguna.

7-Speed to information 
Kecapatan info harus diwaspadai praktisi humas. Ia harus tanggap, responsif, dan dapat memantau dinamika info, terlebih yang berkaitan dengan lembaganya. Pemakaian Google Alert, misalnya, jadi hal harus untuk praktisi humas pro.

Lihat juga : konsultan public relations

8-Programming skills 
Praktisi humas profesional masa depan dituntut memiliki ketrampilan pemrograman, seperti manipulasi atau kustomisasi kode CMS WorsPress atau yang lain. Sumber evaluasi diantaranya Code Academy.

9-Managing virtual tims 
Praktisi humas pro masa depan harus dapat buat dan mengelola tim virtual dengan konsentrasi pada hasil –bukan waktu di kantor.

10-Blogger outreach 
Praktisi humas pro masa depan yaitu seseorang blogger juga. Ia harus dapat ngeblog dan mengelolanya dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar